ALAQIDAH ATH-THAHAWIYAH
Abu Ja’far At-Thahawi Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin.
Al-‘Allamah Hujjatul Islam Abu Ja’far Al-Warraq Ath-Thahawi-di
Mesir-berkata: “Inilah penuturan keterangan tentang aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, menurut
mahdzab para ahli fiqih Islam: Abu Hanifah An-N
u’man bin Tsabit Al-Kufi, Abu Yusuf Ya’qub
bin Ibrahim Al-Anshari dan Abu Abdillah Muhammad bin Al-Hasan Asy-Syaibani
Ridwanallahu
‘alaihim ajma’in,
beserta pokok-pokok keagamaan yang mere
ka yakini dan mereka gunakan untuk
beribadah kepada Allah
Rabbil ‘alamin.
”
1
1.
Kami menyatakan tentang tauhid kepada Alla
h, berdasarkan keyakinan semata-mata berkat
taufiq Allah: Sesungguhnya Allah itu Maha Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya.
2.
Tiada sesuatupun yang menyamai-Nya.
3.
Tiada sesuatupun yang dapat melemahkannya.
4.
Tiada yang berhak untuk diibadahi selain diri-Nya.
5.
Yang Maha Terdahulu tanpa berawal, yang Maha Kekal tanpa pernah berakhir.
6.
Tak akan pernah punah ataupun binasa.
7.
Tak ada sesuatupun yang terjadi,
melainkan dengan kehendak-Nya.
8.
Tak dapat digapai oleh pikiran, tak juga dapat dicapai oleh pemahaman.
9.
Tidak menyerupai makhluk-Nya.
10.
Yang Maha Hidup tak pernah mati, yang Maha Terjaga dan tak pernah tertidur.
11.
Mencipta tanpa merasa membutuhkan (kepada ciptaan-Nya), membagi rezeki tanpa
mengharapkan imbalan.
12.
Mematikan tanpa gentar dan Membangkitk
an (setelah mati) tanpa kesulitan.
13.
Dia telah memiliki sifat-sifat itu semenjak dahulu, sebelum mencipta. Dengan terciptanya
para makhluk, tak bertambah sedikitpun sifat-sifat-Nya. Yang selalu tetap dengan sifat-sifat-
Nya semenjak dahulu tanpa berawal, dan ak
an terus kekal dengan
-Nya, sifat-sifat-Nya
selamanya.
14.
Nama-Nya
Al-Khaliq
sebagai Pencipta, tidaklah disandang-Nya baru setelah Dia menciptakan
makhluk-makhluk-Nya. Dan namanya
Al-Bari
(Yang Menjadikan) tidaklah diambil baru
seusai Dia menjadikan hamba-hamba-Nya.
1
Mukaddimah ini dikutip dari matan
Al-Aqidah Ath-Thahawiyah
dengan syarah dan komentar Syaikh Al-Albany.
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
2
15.
Dia-lah pemilik sebutan
Al-Rabb
(Pemelihara), dan bukanlah Dia
Marhub
atau yang
dipelihara. Dia juga pemilik sebutan
Al-Khaliq
dan bukanlah Dia sebagai makhluk.
16.
Sebagaimana Dia adalah Dzat yang menghidupkan segala yang mati (
Al-Muhyi
), Dia-pun
berhak atas sebutan itu, dari sebelum menghidupkan mereka. Demikian juga Ia berhak
menyandang sebutan
Al-Khaliq
sebelum menciptakan mereka.
17.
Untuk itulah, Dia-pun berkuasa atas segala se
suatu, sementara segala sesuatu itu berharap
kepada-Nya. Segala urusan bagi-Nya mudah,
dan Dia tidaklah membutuhkan sesuatu.
Firman-Nya: “
Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia dan Dia-lah Yang Maha Mendengar
lagi Maha Melihat.
” (
QS. Asy-Syura : 11
).
18.
Dia menciptakan makhluk dengan ilmu-Nya.
19.
Dia menentukan takdir atas mereka.
20.
Dia menuliskan ajal kematian bagi mereka.
21.
Tiada sesuatupun yang tersembunyi bagi-Nya
sebelum Dia menciptakan mereka. Bahkan Dia
mengetahui apa yang akan mereka kerj
akan, juga sebelum menciptakan mereka.
22.
Dia memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk ta’at dan melarang mereka melakukan
maksiat.
23.
Segala sesuatu berjalan sesuai dengan takd
ir dan kehendak-Nya, sedangkan kehendak-Nya
itu pasti terlaksana. Tidak ada kehendak bagi hamba-Nya melainkan memang apa yang
dikehendaki-Nya. Apa yang Dia kehendaki, pasti terjadi. Dan apa yang tidak Dia kehendaki
tak akan terjadi.
24.
Dia memberi petunjuk siapa saja yang Dia kehendaki, memelihara dan mengayominya
karena keutamaan-Nya. Dia juga menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, menghinakan
seseorang dan menghukumnya berdasarkan keadilan-Nya.
25.
Seluruh makhluk berada di bawah kendali kehendak Allah di antara kemurahan, keutamaan,
dan keadilan-Nya.
26.
Dia mengungguli musuh-musuh-Nya dan tak tertandingi oleh lawan-lawan-Nya.
27.
Tak seorang pun mampu menolak takdir-Nya
, menolak ketetapan hukum-Nya, atau
mengungguli urusan-Nya.
28.
Kita mengimani semua itu, dan kita pun meyakini bahwa segalanya datang daripada-Nya.
29.
Sesungguhnya Muhammad
shallallahu 'alaihi wa sallam
adalah hamba-Nya yang terpilih,
Nabi-Nya yang terpandang, dan Rasul-Nya yang diridlai.
30.
Sesungguhnya beliau adalah penutup para Nabi
‘Alaihimu As-Sallam
.
31.
Dia pemimpin orang-orang bertakwa.
32.
Dia penghulu para Rasul
Kekasih Rabb sekalian alam.
34.
Segala pengakuan sebagai Nabi sesudah beliau adalah kesesatan dan hawa nafsu.
35.
Beliau diutus kepada golongan jin secara umum dan kepada segenap umat manusia, dengan
membawa kebenaran, petunjuk dan cahaya yang terang.
36.
Sesungguhnya Al-Qur’an adalah Kalamullah; berasal dari-Nya sebagai ucapan yang tak
diketahui
kaifiyah
(bagaimana)
nya,
diturunkan kepada Rasul-Nya sebagai wahyu. Diimani
oleh kaum mukminin dengan sebenar-benarn
ya. Mereka meyakininya sebagai kalam Ilahi
yang sesungguhnya. Bukanlah sebagai makhluk sebagaimana ucapan hamba-Nya.
Barangsiapa yang mendengarnya (mendengar bacaan Al-Qur’an) dan menganggap itu
sebagai ucapan makhluk, maka ia telah
kafir. Allah sungguh telah mencelanya,
menghinanya, dan mengancamnya dengan
Naar
(Neraka)
Saqar
. Allah berfirman:
“
Aku akan memasukkan ke dalam (Naar) Saqar.
” (
QS. Al-Muddatsir: 26
). Allah mengancam
mereka dengan
Naar Saqar
tatkala mereka mengatakan:
“
Ini (Al-Qur’an) tidak lain hanyalah perkataan manusia.
” (
QS. Al-Muddatsir : 25
). Dengan itu
kita pun mengetahui bahwa Al-Qur’an itu adalah kalam (ucapan) Pencipta manusia dan
tidak menyerupai ucapan manusia.
37.
Barangsiapa yang mensifati Allah dengan kriteria-kriteria manusia, maka dia sungguh telah
kafir. Barangsiapa yang memahami hal ini niscaya dia dapat mengambil pelajaran. Akan
dapat menghindari ucapan yang seperti perkataan orang-orang kafir, dan mengetahui bahwa
Allah dengan sifat-sifat-Nya tidaklah seperti makhluk-Nya.
38.
Melihat Allah adalah hak pasti
(benar adanya) bagi Ahli Jannah (penduduk surga) tanpa
dapat dijangkau oleh ilmu manusia, dan tanpa manusia mengetahui bagaimana memahami
hal itu sebagaimana dinyatakan Rabb kita dalam Al-Qur’an:
“
Wajah-wajah (orang mukmin) pada
waktu itu berseri-seri. Mereka betul-betul memandang kepada
Rabb mereka.
” (
QS. Al-Qiyamah: 22-23
).
Pengertian (sebenar)nya, adalah sebagaimana yang dikehendaki dan diketahui oleh Allah.
Setiap hadits shahih yang diriwayatkan da
lam persoalan itu, pengertian sesungguhnya
adalah sebagaimana yang dikehendaki Allah. Tidak pada tempatnya kita terlibat untuk
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
4
mentakwilkannya dengan pendapat-pendapat kita, atau menduga-duga saja dengan hawa
nafsu kita.
39.
Sesungguhnya seseorang tidak akan selamat dalam agamanya, sebelum ia berserah diri
kepada Allah dan Rasul-Nya, dan menyerahkan ilmu yang belum jelas baginya kepada orang
yang mengetahuinya.
40.
Sesungguhnya Islam hanyalah berpijak di atas pondasi penyerahan diri dan kepasrahan
kepada Allah.
41.
Barangsiapa yang mencoba mempelajari ilmu yang terlarang, tidak puas pemahamannya
untuk pasrah, maka ilmu yang dipelajarinya itu akan menutup jalan baginya untuk
memurnikan tauhid, menjernihkan ilmu pengetahuan dan membetulkan keimanan.
42.
Maka menjadilah ia orang yang terombang-ambing antara keimanan dan kekufuran,
pembenaran dan pendustaan, pengikraran dan pengingkaran. Selalu kacau, bimbang, tidak
bisa dikatakan ia membenarkan dan beriman,
tidak juga dapat dikatakan kafir dan ingkar.
43.
Tidak sah keimanan seseorang yang mengimani bahwa penghuni jannah akan memandang
Rabb mereka, yang semata-mata ditegakka
n di atas prasangka (keragu-raguan)
menganggapnya sebagai ‘praduga’ atau takwil
dengan pemikirannya. Karena penafsiran
‘
penglihatan
’ itu, dan juga penafsiran segala pengertian yang disandarkan kepada Rabb,
haruslah tanpa mentakwilkannya dan dengan kepasrahan diri. Itulah sandaran
dien/keyakinan kaum muslimin.
44.
Barangsiapa yang tidak menghindari penafian
Asma’
dan
shifat
Allah atau menyerupakan-
Nya dengan makhluk-Nya, dia akan tergelincir dan tak akan dapat memelihara kesucian diri.
45.
Sesungguhnya Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia, tersifati dengan sifat
Wahdaniyah
(Maha Tunggal), tersifati dengan sifat
Fardaniyah
(ke-Maha Esa-an). Tak seorangpun dari
hamba-Nya yang menyamai sifat-sifat tersebut.
46.
Maha suci diri-Nya dari batas-batas dan di
mensi makhluk atau bagian dari makhluk,
anggota tubuh dan perangkat-Nya. Dia tidak terkungkungi oleh enam penjuru arah yang
mengungkungi makhluk ciptaan-Nya.
47.
Mi’raj
(naiknya Nabi ke
Sidratul Muntaha
) adalah benar adanya. Beliau telah diperjalankan
dan dinaikan (ke langit) dengan tubuh kasarnya (jasmani) dalam keadaan sadar, dan juga ke
tempat-tempat yang dikehendaki Allah di atas ketinggian. Allah-pun memuliakan beliau dan
mewahyukan kepadanya apa yang hendak Dia wahyukan.
“
Tidaklah hatinya mendustakan apa yang dilihatnya.
” (
QS. An-Najm: 11
).
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
5
Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam atas diri beliau di dunia dan di akhirat.
2
48.
Haudh
(telaga) Al-Kautsar yang dijadikan Allah kemuliaan baginya -dan pertolongan bagi
umatnya- adalah benar adanya.
49.
Syafa’at
yang diperuntukkan Allah bagi mereka adalah benar adanya sebagaimana
diriwayatkan dalam banyak hadits.
50.
Perjanjian yang diikatkan Allah atas diri Adam dan anak cucunya (sebelum mereka
dilahirkan
-pent.
) adalah benar adanya.
51.
Semenjak zaman yang tak berawal, Allah telah mengetahui jumlah hamba-Nya yang akan
masuk Jannah dan yang akan masuk Naar secara keseluruhan. Jumlah itu tak akan
bertambah atau berkurang. Demikian juga halnya perbuatan-perbuatan mereka yang telah
Allah ketahui apa yang akan mereka perbuat itu (juga tak akan berubah).
52.
Setiap pribadi akan dimudahkan menjalani apa yang sudah menjadi kodratnya, sedangkan
amalan-amalan itu (dinilai) bagaimana akhirnya. Orang yang bahagia adalah orang yang
berbahagia dengan ketentuan kodratnya. Demikian juga orang yang celaka adalah yang
celaka dengan ketentuan kodratnya.
53.
Asal dari takdir adalah rahasia Ilahi yang tak diketahui hamba-hamba-Nya. Tak dapat
diselidiki baik oleh malaikat yang dekat
dengan-Nya, ataupun Nabi yang diutus-Nya.
Memberat-beratkan diri menyelidiki hal itu adalah sarana menuju kehinaan, tangga
keharaman, dan mempercepat penyelewengan.
Waspadai dan waspadailah seluruh pendapat-pendapat, pemikiran-pemikiran, dan bisikan-
bisikan tentang takdir tersebut. Sesungguhnya A
llah menutupi ilmu tentang takdir-Nya agar
tidak diketahui makhluk-Nya dan melarang
mereka untuk mencoba menggapainya.
Sebagaimana yang difirmankan-Nya:
“
Dia (Allah) tidak ditanya tentang apa yang dip
erbuat-Nya, dan merekalah yang akan ditanya.
”
(
QS. Al-Anbiyaa’: 23
).
Barangsiapa yang bertanya: “Kenapa Dia laku
kan itu?”, berarti ia menolak hukum Al-
Qur’an. Barangsiapa menolak hukum Al-Qur’an, berarti ia termasuk orang-orang kafir.
54.
Inilah sejumlah persoalan yang dibutuhkan oleh orang-orang yang hatinya terang dari
kalangan para wali Allah. Itulah derajat orang-orang yang sudah mendalam ilmunya. Karena
ilmu itu ada dua macam, yaitu: ilmu yang dapat digapai makhluk (ilmu agama
-pent.
) dan ilmu
yang terselubung baginya (ilmu
ghaib
). Mengingkari ilmu yang pertama berarti kekufuran.
Dan mengaku-aku memiliki ilmu yang kedua juga kekufuran. Keimanan itu hanyalah
2
Tambahan ini berasal dari matan
Al-Aqidah Ath-Thahawiyyah
dengan komentar Al-Albani
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
6
terpatri dengan menerima ilmu yang harus digapai manusia, dan menghindarkan diri dari
mencari ilmu yang terselubung.
55.
Kita juga mengimani adanya
Al-Lauh Al-Mahfudz
,
Al-Qalam
, dan segala yang tercatat di
dalamnya.
56.
Seandainya seluruh makhluk bersepakat terhadap suatu urusan yang telah Allah tetapkan
untuk terjadi, agar urusan itu batal, mereka tak akan mampu untuk mengubahnya.
Sebaliknya seandainya mereka berkumpul menghadapi urusan yang telah Allah tetapkan
untuk tidak terjadi, agar urusan itu terjadi, merekapun tidak akan mampu mengubahnya.
Qalam
(catatan) Allah telah ditetapkan untuk segala sesuatu yang akan terjadi sampai
datangnya Hari Kiamat.
57.
Sesuatu yang -ditakdirkan- tidak akan me
nimpa seorang hamba, maka tidak akan
menimpanya. Dan yang akan mengenainya, maka tidak akan meleset.
58.
Hendaknya seorang hamba tahu bahwa ilmu A
llah telah mendahului segala sesuatu yang
akan terjadi pada makhluk-Nya. Dia telah menentukan takdir yang baku yang tak bisa
berubah. Tak ada seorang makhluk pun baik
di langit maupun di bumi yang dapat
membatalkan, meralatnya, menghilangkannya
, mengubahnya, menggantinya, mengurangi,
ataupun menambahnya.
59.
Itulah buhul ikatan keimanan dan dasar-dasar ma’rifat dan pengakuan terhadap ke-Esa-an
dan ke-
Rububiyyah
-an Allah
‘Azza wa Jalla
. Sebagaimana yang difirmankan dalam Al-Qur’an:
“
Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu,
dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan
serapi-rapinya
.” (
QS. Al-Furqan : 2
). Dan firman-Nya:
“
Dan ketetapan Allah itu suatu
ketetapan yang pasti berlaku.
”
(QS. Al-Ahzab : 38).
60.
Maka celakalah orang yang betul-betul menjadi musuh Allah dalam persoalan takdir-Nya.
Dan mengikutsertakan hatinya yang sakit untuk membahasnya.
3
Karena lewat praduganya ia
telah mencari-cari dan menyelidiki ilmu ghaib yang merupakan rahasia tersembunyi.
Akhirnya ia kembali dengan membawa dosa dan kedustaan.
61.
‘Arsy
dan
Kursiy
-Nya adalah benar adanya.
3
[Ungkapan ini terdapat juga dalam naskah aslinya sebagai berikut: “
Celakalah orang yang sesat dalam memahami takdir-Nya karena hatinya
yang sakit.
” Dalam naskah yang lain “
Celakalah orang yang hatinya sakit dalam memahami takdirnya.
” Yang tertulis di sini berasal dari
matan
AL-Aqidah Ath-Thahawiyyah
dengan syarah Al-Albany.].
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
7
62.
Dia tidak membutuhkan ‘
Arsy
-Nya itu dan apa yang ada di bawahnya. Dia menguasai segala
sesuatu dan apa-apa yang ada di atasnya. Dan Dia tidak memberi kemampuan kepada
makhluk-Nya untuk menguasai segala sesuatu.
63.
Kita juga menyatakan dengan penuh keimanan dan penyerahan diri bahwa sesungguhnya
Allah telah menjadikan Nabi Ibrahim
‘alaihis salam
sebagai kekasih-Nya, dan mengajak Nabi
Musa
‘alaihis salam
untuk berbicara dengan sebenar-benarnya.
64.
Kita mengimani para Malaikat, para Nabi, dan kitab-kitab yang diturunkan kepada para
Rasul. Kita pun bersaksi, bahwa mereka berada di atas kebenaran yang nyata.
65.
Kita menyebut mereka yang (shalat) menghadap kiblat kita dengan (sebutan) kaum
muslimin dan kaum mukminin selama mereka mengakui apa yang dibawa oleh Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam
dan membenarkan segala apa yang
beliau ucapkan dan beritakan.
66.
Kita tidak mempergunjingkan Alla
h dan tidak membantah (ajaran)
dien
Allah.
67.
Kita tidak menyanggah Al-Qur’an, dan bersaksi bahwa ia adalah
Kalam Rabbul ‘Alamin
,
diturunkan dengan perantaraan
Ruhul Amin
(Malaikat Jibril), lalu diajarkan kepada Penghulu
para Nabi yaitu Muhammad
shallallahu 'alaihi wa ‘ala alaihi
ajma’in (salaaman tasliman katsiran)
.
Ia adalah Kalam Ilahi yaitu yang tak akan dapat diserupakan dengan ucapan makhluk-
makhluk-Nya. Kita pun tidak mengatakannya se
bagai makhluk dan (dengan itu) tidak akan
menyelisihi Jama’ah kaum muslimin.
68.
Kita tidak mengafirkan Ahli Kiblat (kaum muslimin) hanya karena suatu dosa, selama dia
tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang diha
lalkan. Namun kita juga tidak mengatakan
bahwa dosa itu sama sekali tidak berbahaya ba
gi orang yang melakukannya selama ia masih
beriman.
69.
Kita mengharapkan agar orang-orang yang berbuat
fajir
dari kalangan mukminin dapat
diampuni dosa-dosa mereka dan dimasukkan Jannah karena rahmat-Nya, namun kita tidak
menganggap mereka aman dari siksa-Nya.
70.
Merasa aman dari siksa, atau putus asa dari ampunan Allah, keduanya dapat mengeluarkan
dari Islam. Jalan yang benar bagi orang Islam adalah antara keduanya
71.
Seorang hamba hanya akan keluar dari keimanannya kalau ia mengingkari apa yang telah ia
imani.
72.
Iman adalah [pembenaran dalam hati], pengakuan dengan lidah, dan pembuktian dengan
(amalan) anggota badan.
73.
Seluruh yang diriwayatkan dengan shahih dari Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam
berupa
ajaran syari’at adalah benar adanya.
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
8
74.
Iman itu adalah satu bentuk. Pemilik keimanan tersebut dilihat dari asal imannya
4
adalah
sama.
Keutamaan di antara mereka diukur dengan
ketakwaan, rasa takut kepada Allah,
menghindari hawa nafsu, dan melakukan sesuatu yang lebih utama.
75.
Kaum mukminin seluruhnya adalah wali-wali
Ar-Rahman.
76.
Yang paling mulia di antara mereka adalah yang paling taat dan paling
ittiba’
dengan ajaran
Al-Qur’an.
77.
Pengertian Iman adalah: Beriman kepada Allah, para Malaikat, Kitab-Kitab-Nya, para Rasul-
Nya, Hari Akhir, dan Takdir baik maupun buruk, manis maupun pahit. Dan bahwa
kesemuanya berasal dari Allah.
78.
Kita mengimani semua itu. Kita tidak membeda-bedakan seorang pun di antara para Rasul.
Kita membenarkan mereka semua beserta apa yang mereka bawa.
79.
Para pelaku dosa besar di kalangan umat Muhammad
shallallahu 'alaihi wa sallam
(bisa)
masuk
Naar
, namun mereka tak akan kekal di dala
mnya kalau mereka mati dalam keadaan
bertauhid. Meskipun mereka belum bertaubat
namun mereka menemui Allah (mati) dengan
menyadari dosa mereka. Mereka diserahkan ke
pada kehendak dan keputusan Allah. Kalau
Dia menghendaki, maka mereka dapat diampuni dan dimaafkan dosa-dosa mereka dengan
keutamaan-Nya, sebagaimana yang difirmankan Allah
‘Azza wa Jalla
:
“
Dan Dia mengampuni dosa selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki.
” (
QS. An-Nisa’: 48,
116
).
Dan jikalau Dia menghendaki, mereka diadzab-Nya di
Naar
dengan keadilan-Nya.
Kemudian Allah akan mengeluarkan mereka dari dalamnya dengan rahmat-Nya dan
syafa’at orang yang berhak memberi syafa’at di kalangan hamba-Nya yang ta’at. Lalu
mereka pun diangkat ke
Jannah-
Nya. Hal itu karena Allah adalah Wali bagi siapa yang
berma’rifah kepada-Nya, maka Dia pun tidak me
njadikan keadaan mereka di dunia dan di
akhirat sama seperti mereka yang tidak berma’
rifah kepada-Nya. Yaitu mereka yang luput,
tak mendapatkan petunjuk-Nya, dan tidak da
pat memperoleh hak kewalian-Nya. Wahai
Dzat yang menjadi Wali bagi Islam dan pe
meluknya, teguhkanlah kami bersama Islam
sehingga kami datang menghadap ke haribaan-Mu.
4
[Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz dalam komentarnya terhadap Matan
Al-Aqidah Ath-Thahahiwah
menyatakan: ‘Ucapan beliau
“Pemilik
keimanan itu dilihat dari asal al-imannya adalah sama”
perlu diteliti lagi. Bahkan jelas kebatila
nnya. Justru mereka bertingkat–tingkat
dengan perbedaan yang mencolok. Iman para Rasul tidaklah dapat disamakan dengan iman selain mereka. Demikian juga imannya
para khulafa’ur rasyidun dan para sahabat lainnya, tidaklah sama dengan generasi belakangan. Iman orang yang betul–betul berima
n
juga tak sama dengan iman orang fasik. Keterpautan itu, didasari dengan perbedaan apa yang di dalam hati, berupa pengenalan
terhadap Allah,
Asma’
dan
Shifat
-Nya dan apa–apa yang disyari’atkan bagi hamba-Nya. Itulah pendapat Ahlussunnah wal Jama’ah.
Berseberangan dengan pendapat Al-Murji’ah dan yang sependapat dengan mereka,
Wallahul Musta’an.
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
9
80.
Kami menganggap sah shalat (jama’ah) di belakang Imam, baik yang shalih maupun yang
fasik dari kalangan Ahli Kiblat. Dan menshalatkan siapa saja yang meninggal di antara
mereka.
81.
Kita tak dapat memastikan mereka, masuk
Jannah
atau
Naar
.
82.
Kita tak bisa bersaksi bahwa mereka itu kafir,
musyrik, maupun munafik, selama semua itu
tidak tampak nyata dari diri mereka. Kita me
nyerahkan rahasia hati mereka kepada Allah
Ta’ala
.
83.
Kita tidak boleh mengangkat pedang (berperang/menumpahkan darah) terhadap seorang
pun dari ummat Muhammad
shallallahu 'alaihi wa sallam
, kecuali terhadap mereka yang wajib
diperangi.
84.
Kita juga tidak membolehkan memberon
tak terhadap pemimpin-pemimpin dan
Ulul ‘Amri
kita, meskipun mereka berbuat lalim. Kita tidak menyumpahi mereka dan tidak berlepas diri
dengan tidak taat kepada mereka. Kita berk
eyakinan bahwa mentaati mereka sepanjang
dalam ketaatan kepada Allah adalah wajib, se
lama mereka tidak menyuruh berbuat maksiat.
Kita tetap mendoakan kebaikan untuk mereka da
n agar mereka dikaruniai kebaikan jasmani
maupun rohani.
85.
Kita tetap mengikuti As-Sunnah dan Al-Jama’ah, menghindari sesuatu yang aneh,
perselisihan (yang didasari menyelisihi Al-Jama’ah
-pent.
) dan menghindari perpecahan.
86.
Kita mencintai orang yang adil dan menjaga amanah serta membenci orang yang zhalim dan
khianat.
87.
Terhadap sesuatu yang masih samar ilm
unya bagi kita, kita mengucapkan
Allahu A’lam
.
88.
Kita berpendapat disyari’atkannya mengusap
khuff
(sepatu) baik di waktu mukim maupun
safar
(bepergian). Sebagaimana dijelaskan dalam beberapa riwayat.
89.
Jihad dan ibadah haji dilakukan bersama
Ulul ‘Amri
, baik yang shalih maupun yang fasik,
hingga hari kiamat. Keduanya tak dapat diba
talkan dan dirusak oleh segala sesuatu.
90.
Kita mengimani para Malaikat yang Mulia, pencatat amal manusia. Sesungguhnya Allah
telah menjadikan mereka sebagai pengawas bagi kita.
91.
Kita juga mengimani Malaikat Maut yang diberi tugas mencabut nyawa para makhluk
hidup.
92.
Kita pun mengimani adanya adzab kubur bagi orang yang berhak mendapatkannya dan juga
pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir kepadanya di dalam kubur tentang Rabb dan
agamanya berdasarkan riwayat-riwayat dari Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam
serta para
sahabat
Ridwanullahu ‘alaihim ajma’in
. Alam kubur adalah taman-taman
Jannah
atau
kubangan-kubangan
Naar
.
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
10
93.
Kita juga mengimani Hari
Ba’ats
dan balasan amal perbuatan pada hari kiamat, kita juga
mengimani pendedahan (penyingkapan) amal perbuatan,
hisab
, pembacaan catatan amal,
ganjaran baik dan siksa,
shirat
dan
al-mizan
di Hari Kiamat.
94.
Jannah
dan
Naar
adalah dua makhluk Allah yang kekal, tak akan punah dan binasa.
Sesungguhnya Allah telah menciptakan keduanya sebelum penciptaan makhluk lain dan
Allah-pun menciptakan penghuni bagi keduanya.
95.
Barangsiapa yang dikehendaki-Nya untuk masuk
Jannah
, maka itu adalah keutamaan dari-
Nya. Dan barangsiapa yang dikehendaki-Nya untuk masuk
Naar
, maka itu adalah keadilan
dari-Nya. Masing-masing akan beramal
sesuai dengan apa yang menjadi ketetapan dari-Nya
dan akan kembali kepada apa yang menjadi ko
dratnya. Kebaikan dan keburukan seluruhnya
telah ditetapkan atas hamba-hamba-Nya.
96.
Kemampuan, yang dengan wujudnya datang kewajiban amal adalah semacam taufik yang
bukan merupakan kriteria mahkluk. Adapun kemampuan dalam arti kesehatan tubuh,
potensi, kekuatan, dan selamatnya diri dari bermacam musibah, adalah persiapan sebelum
melakukan amalan. Dengan itulah hukum te
rsebut digantungkan, sebagaimana yang
difirmankan Allah:
“
Tidaklah Allah membebani seseorang
melainkan sebatas kesanggupannya.
“ (
QS. Al-Baqarah: 286
).
97.
Amal perbuatan hamba adalah makhluk Allah, namun juga hasil usaha hamba itu sendiri.
98.
Allah hanya membebani mereka sebatas yang mereka mampu. Dan mereka pun memang
tidak akan mampu melainkan sebatas apa yang dibebankan Allah atas mereka. Itulah
pengertian kalimat
Laa haula wa laa quwwata illa billah
. Kita mengatakan: tiada jalan bagi
seorang hamba dan tidak pula ia memiliki kebebasan beraktivitas, dan beranjak
meninggalkan maksiat melainkan dengan pertolongan Allah. Dan seorang pun tidak
memiliki kekuatan untuk melaksanakan dan bertahan dalam ketaatan kepada Allah,
melainkan dengan taufik-Nya.
99.
Segala sesuatu berlaku menurut kehendak, ilm
u, keputusan dan takdir-Nya. Dia berbuat
sekehendak-Nya, namun tidaklah sekali-kali Dia mendzhalimi hamba-Nya.
“
Tidaklah Dia ditanya tentang apa
yang Dia perbuat, tetapi merekalah yang akan ditanya tentang
(apa yang mereka perbuat).
” (
QS. Al-Anbiyaa’: 23
).
100.
Do’a dan sedekah orang yang hidup dapat bermanfaat bagi mereka yang sudah mati.
101.
Allah
Ta’ala
mengabulkan segala do’a dan memenuhi segala kebutuhan hamba-Nya
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
11
102.
Dia-lah yang memiliki segala sesuatu namun tidak dimiliki oleh sesuatu. Tidak sekejappun
(hamba-hamba-Nya) lepas dari rasa butuh kepada-nya. Barangsiapa yang merasa tak butuh
kepada Allah sekejappun, dia telah kafir dan termasuk orang yang binasa.
103.
Allah
Subahanahu wa Ta’ala
juga Murka dan Ridhla, namun tidak menyerupai satupun dari
makhluk-Nya.
104.
Kita mencintai para sahabat Nabi
shallallahu 'alaihi wa sallam
, namun tidak berlebihan dalam
mencintai salah seorang di antaranya. Tidak
juga kita bersikap meremehkan terhadap
seorang pun dari mereka. Kita membenci siapa-siapa yang membenci mereka dan siapa-siapa
yang menyebutkan mereka dengan kejelekan. Kita pun hanya menyebut mereka dalam
kebaikan. Mencintai mereka adalah pengamalan
ad-dien
(agama), keimanan, dan ihsan.
Sementara membenci mereka adalah kekufuran, kemunafikan, dan melampaui batas.
105.
Kita mengakui kekhalifahan sepeninggal Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam
. Yang
pertama adalah Abu Bakr As-Shiddiq
radliyallahu 'anhu
sebagai sikap mengutamakan dan
mengunggulkan dirinya atas semua umat Islam.
106.
Kemudian ‘Umar bin Al-Khattab
radliyallahu 'anhu
.
107.
Setelah itu ‘Utsman bin ‘Affan
radliyallahu 'anhu
.
108.
Kemudian ‘Ali bin Abi Thalib
radliyallahu 'anhu
.
109.
Merekalah yang disebut dengan
Al-Khulafa’ Ar-Rasyidun
dan para imam yang mendapat
petunjuk.
110.
Sepuluh orang sahabat yang disebut-sebut Nabi dan diberi kabar gembira sebagai penghuni
Jannah
, kita akui sebagai penghuni Jannah berdasarkan persaksian Nabi
shallallahu 'alaihi wa
sallam
dan perkataan beliau yang benar. Mereka adalah: Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali,
Thalhah [bin ‘Ubaidillah], Az-Zubeir [bin Al-Awwam], Sa’ad [bin Abi Waqqas], Sa’id [bin
Zaid], Abdurrahman bin ‘Auf, dan Abu ‘Ubaid
ah Al-Jarrah --orang tepercaya umat ini--
radliyallahu 'anhum
.
111.
Barangsiapa yang membaguskan ucapannya terhadap para sahabat Nabi
shallallahu 'alaihi wa
sallam
, istri-istri beliau yang bersih dari segala noda, serta anak cucu beliau yang suci dari
segala najis, maka orang itu telah selamat dari kemunafikan.
112.
Para ‘ulama As-Salaf terdahulu [para sahabat
-pent.
] dan yang sesudah mereka dari kalangan
Tabi’in adalah pelaku kebaikan dan ahli hadits, ahli fiqih, dan ahli ushul. Mereka semuanya
harus disebutkan kebaikannya. Barangsiapa yang menjelek-jelekkan mereka, maka dia tidak
berada di atas jalan mereka (para sahabat).
113.
Kita tidak mengutamakan salah seorangpun di antara para wali Allah di atas seorang Nabi
‘Alaihi As-Sallam
. Bahkan kita mengatakan bahwa seorang saja dari para Nabi itu lebih utama
dibanding seluruh para wali.
Copyleft © 2001 www.perpustakaan-islam.com - Islamic Digital Library
12
114.
Kita mengimani adanya
karomah-karomah
mereka dan segala riwayat tentang mereka yang
dinukil dari para perawi yang tepercaya.
115.
Kita juga mengimani adanya tanda-tanda hari kiamat berupa keluarnya
Ad-Dajjal
dan
turunnya Nabi ‘Isa
‘Alaihis Sallam
dari langit. Kita juga mengimani terbitnya matahari dari
barat dan keluarnya
Ad-Daabbah
[salah satu tanda kiamat yaitu binatang yang dapat
berbicara seperti manusia
-pent.
] dari kediamannya.
116.
Kita tidak mempercayai (ucapan) dukun maupun
peramal, demikian juga setiap orang yang
mengakui sesuatu yang menyelisihi Al-Kitab dan As-Sunnah serta Ijma’ kaum muslimin.
117.
Kita meyakini bahwa
Al-Jama’ah
adalah haq dan kebenaran, sementara
Al-Furqah
adalah
penyimpangan dan siksaan.
118.
Ad-Dien
(agama) Allah di langit dan di bumi hanyalah satu, yaitu dienul Islam, Allah
berfirman:
“
Sesungguhnya agama (yang diridhlai) di sisi Allah hanyalah Al-Islam.
” (
QS. Ali ‘Imran: 19
). Dia
juga berfirman:
“
Dan telah Aku ridlai Islam sebagai agama bagimu.
” (
QS. Al-Maidah: 3
).
Dan Islam itu berada di antara sikap berlebih-lebihan dan sikap meremehkan, antara
menyerupakan sifat-sifat Allah dengan sifa
t-sifat makhluk dan me
nafikkan (meniadakan)
sifat-sifat itu, antara
Jabriyah
(kaum yang bersandar kepada takdir saja) dan
Al-Qadariyah
(kaum yang menolak takdir), dan antara yang merasa aman dari siksa Allah dan yang putus
asa dari rahmat Allah.
119.
Inilah agama dan keyakinan kami lahir maupun ba
tin. Kami berlepas diri --dengan kembali
kepada Allah-- dari setiap yang menyelisihi ap
a yang kami sebutkan dan kami jelaskan. Kita
memohon kepada Allah untuk menetapkan diri
kita di atas keimanan, mematikan kita
dengan keyakinan itu, memelihara kita dari pengaruh hawa nafsu yang bermacam-macam,
dan dari pendapat-pendapat yang beraneka ragam, dan mahdzab-mahdzab yang jelek,
seperti:
Mu’tazilah, Al-Jahmiyyah, Al
-Jabriyyah, Al-Qadariyyah,
dan lain-lain, dari kalangan
mereka yang menyelisihi
Al-Jama’ah
dan bersanding dengan kesesatan. Kita berlepas diri dari
mereka. Dan mereka menurut kami ad
alah orang-orang sesat dan jahat.
Wa billahi Al-‘Ishmatu
wa At-Taufiq.
0 comments:
Post a Comment